Travel  

Yuk Seru-seruan di Festival Bunaken 2022

radarutama.com

    947SHARES

Foto: Ilustrasi/Shutterstock

Dream – Terletak di Indonesia bagian tengah, Pulau Bunaken yang berada di Provinsi Sulawesi Utara wajib masuk deretan destinasi liburan kamu selanjutnya.

Kaya dengan terumbu karang yang mampu manjakan mata, Bunaken berada tepat di Segitiga Terumbu Karang yang membentang di perairan Indonesia, Malaysia, hingga Timor Leste.

Tak hanya itu saja, menyambut bulan baru November 2022, Pulau Bunaken akan mengadakan Festival Bunaken 2022 yang bertujuaan untuk menyelamatkan ekosistem laut Indonesia.

© Shutterstock

Buat kamu si pecinta laut dan gemar bermain air di setiap aktivitas liburan, berikut beberapa hal yang dapat kamu nikmati jika berkesempatan ke Festival Bunaken pada 2-4 November 2022.

Kamu bisa melihat parade katinting yang sangat menarik, mungkin banyak dari kalian tidak tahu apa itu katinting.

Katinting sendiri merupakan alat transportasi lintas generasi khas nusantara yang membantu para nelayan untuk mencari ikan yang akan diperjualbelikan.

Menariknya lagi, kamu bisa melihat pembukaan Festival Bunaken 2022 ini dengan melihat katinting yang ramai-ramai berlayar sekaligus menghiasi permukaan laut.

© Shutterstock

Mengusung tema “ It’s Time For Bunaken, Let’s Save Bunaken”, acara ini akan mengajak masyarakat setempat dan wisatawan untuk bergotong-royong membersihkan pantai.

Hal itu diharapkan untuk masyarakat dan wisatawan setelah adanya festival ini akan lebih sadar untuk membuang sampah langsung pada tempatnya, agar eloknya pesisir pantai ini tetap terjaga.

Di sini kamu akan mempelajari tentang kearifan lokal dari masyarakat sekitar, salah satunya dengan kamu bisa menonton penampilan dari para pegiat seni lokal akan tarian tradisional yang penuh makna.

Nantinya dengan pakaian khas Sulawesi Utara, Tarian Masamper, Tarian Maengket, dan Tarian Kabasaran yang siap bikin kamu terpukau.

Festival Bunaken 2022 juga mempunyai acara yang tidak kalah seru lainnya, di sini sudah menyiapkan runaway khusus untuk para model berlenggak-lenggok dengan pakaian santai di pantai Taman Nasional Bunaken Indonesia.

Acara ini cocok untuk kamu yang ingin liburan ke pantai tapi bingung harus pake outfit yang mana, karena fashion on the beach Festival Bunaken 2022 ini bakal trendy dan fashionable.

Melalui Festival Bunaken 2022 kali ini para diver akan menyediakan habitat sekaligus merehabilitasi ekosistem terumbu karang di laut Taman Nasional Bunaken Indonesia.

Kegiatan ini akan membantu terumbu karang di Indonesia bahkan dunia pulih kembali dan semakin cantik.

Di sini juga kamu bisa menanam mangrove atau bakau yang punya segudang manfaat untuk keberlangsungan ekosistem pantai dan menjernihkan air sekaligus mencegah garis pantai terkena erosi.

Tahun lalu, ada 500 pohon bakau yang berhasil ditanam.

Akan ada 100 tukik yang akan dilepaskan untuk penyeimbang ekosistem laut karena tukik dapat menjaga fungsi terumbu karang supaya produktif hingga memindahkan nutrisi penting dari perairan ke pesisir pantai.

© Shutterstock

Setelah Sahabat Dream melihat banyak pertunjukan dan kegiatan dalam menyelamatkan laut Indonesia khususnya Sulawesi Utara pada Festival Bunaken 2022, kamu bisa langsung menghabiskan waktu dengan mencoba bermain arung jeram atau rafting di Sungai Nimanga yang terkenal menantang banget.

So, buat kamu yang gemar melakukan aktivitas yang dapat memicu adrenalin, spot satu ini enggak boleh kelewatan.

Sumber: Indonesia.travel, Laporan: Rena Safira

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *