Anak Usaha KRAS Teken Kerja Sama Rp 3 T di Hannover Messe

radarutama.com – PT Krakatau Bandar Samudera atau yang dikenal Krakatau International Port (KIP) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Melchers Melindo Indonesia dan Hamburg Port Consulting GmBH di Hannover, Jerman, dalam pameran teknologi industri dan manufaktur, Hannover Messe 2023.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Direktur Utama KIP Akbar Djohan, Project Manager PT Melchers Melindo Indonesia Michael Gruss, dan Managing Director Hamburg Port Consulting GmBH Nills Kemme, serta disaksikan oleh Menteri Koordinator Perekonomian RI Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KS) Purwono Widodo.

Direktur Utama KIP Akbar Djohan menjelaskan kerja sama dengan nilai potensial mencapai USD2 juta atau setara dengan Rp 3 triliun ini adalah sebuah penjajakan pengembangan kepelabuhan agar ke depan KIP dapat meningkatkan kinerjanya dengan menarik investor potensial maupun mitra strategis.

“Kerja sama ini merupakan kelanjutan dari kerja sama sebelumnya untuk mempresentasikan temuan Pra-Studi Kelayakan dan mendiskusikan langkah ke depan khususnya untuk mendapatkan pendanaan dan menarik investor dan mitra strategis yang tepat untuk mengembangkan Krakatau International Port sesuai dengan kebutuhan baik di area Cilegon maupun di luar area Cilegon,” kata Akbar, ditulis Jumat (21/4/2023).

Akbar menyampaikan bahwa sektor pelabuhan memiliki peranan strategis dalam menggerakkan roda ekonomi nasional.

“Krakatau International Port merupakan pelabuhan hub internasional dan curah terbesar di Indonesia, dengan kapasitas terpasang mencapai 25 Juta Ton per tahun yang terintegrasi dengan fasilitas logistik dan kawasan industri (Integrated Industrial Port). Terletak di lokasi strategis di Selat Sunda dimana 53 ribu kapal melintas setiap tahunnya, sehingga pengembangan KIP kedepan sangat potensial dan berdampak positif bagi para stakeholder,” tutup Akbar.

Sementara itu Direktur Utama PT Krakatau Steel Purwono Widodo menyampaikan bahwa penandatanganan kerja sama ini adalah upaya kami untuk pengembangan layanan kepelabuhan KIP ke depan.

“Kami berterima kasih kepada Bapak Menteri Koordinator Perekonomian dan Bapak Menteri Perindustrian yang dapat berkenan menyaksikan penandatanganan ini dalam Hannover Messe 2023,” jelas Purwono.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!