radarutama.com – Cara buka rekening BCA online 2022 bisa dilakukan tanpa harus mendatangi kantor cabang. Terkait hal ini, syarat buka rekening BCA online perlu diperhatikan.

Pasalnya, cara buka rekening BCA online tanpa ke bank bisa dilakukan asal memenuhi sejumlah syarat buka rekening BCA 2022 .

Meski demikian, nantinya Anda tetap harus datang ke kantor cabang untuk pengambilan kartu ATM BCA setelah daftar online.

Buku tabungan dan kartu Paspor BCA juga bisa diambil melalui CS Digital setelah tabungan BCA atau rekening berhasil dibuat.

Artikel ini akan mengulas informasi terkait hal tersebut, termasuk mengenai biaya dan setoran awal buka rekening BCA , dirangkum dari laman resmi BCA pada Jumat (9/9/2022).

Syarat buka rekening BCA 2022

Cara buka rekening BCA online 2022 bisa dilakukan melalui BCA Mobile atau m-BCA. Dengan demikian, Anda harus memiliki aplikasi m-BCA untuk membuka rekening secara online.

Ini sekaligus menjadi syarat buka rekening BCA online yang perlu dipahami. Cara buka rekening BCA online tanpa ke bank bisa untuk tabungan apa saja?

Dikutip dari laman resmi bca.co.id, tabungan yang dapat dibuka lewat BCA Mobile yakni Tahapan BCA, Tahapan Xpresi, dan Tahapan Gold.

Berikut syarat membuka rekening Tahapan BCA dan Tahapan Xpresi:

  • Calon Nasabah adalah perorangan.
  • Pembukaan rekening diperuntukan bagi nasabah perorangan (WNI maupun WNA) yang telah memiliki kartu identitas.
  • Mengisi dan menandatangani formulir permohonan pembukaan rekening.
  • Pembukaan rekening tabungan tidak dikenakan biaya materai.
  • Melengkapi dokumen yang diperlukan.

Adapun syarat membuka rekening Tahapan Gold adalah sebagai berikut:

  • Calon Nasabah adalah perorangan atau yayasan.
  • Pembukaan rekening diperuntukan bagi nasabah perorangan (WNI maupun WNA) memiliki kartu identitas.
  • Mengisi dan menandatangani formulir permohonan pembukaan rekening Tahapan BCA.
  • Pembukaan rekening tabungan tidak dikenakan biaya materai.
  • Melengkapi dokumen yang diperlukan.

Alur buka rekening BCA online

Untuk lebih jelas mengenai cara buka rekening BCA online tanpa ke bank, simak tahapan selengkapnya berikut:

1. Download atau mengunduh aplikasi BCA Mobile

Anda bisa mengunduh aplikasi BCA Mobile melalui PlayStore di smartphone yang dimiliki. Cara buka rekening BCA online 2022 bisa dilakukan lewat BCA Mobile.

Terkait hal ini, Anda juga perlu memastikan nomor handphone yang nantinya akan didaftarkan belum pernah digunakan untuk BCA Mobile sebelumnya.

Sebab, nomor yang akan digunakan dalam proses registrasi adalah yang terpasang di handphone calon nasabah yang bersangkutan.

2. Buat rekening BCA Mobile

Setelah berhasil mengunduh dan membuka aplikasi BCA Mobile, Anda bisa memilih opsi buka rekening yang terdapat pada halaman depan aplikasi tersebut.

Untuk bisa mendaftarkan rekening atau akun BCA Mobile, maka nasabah perlu menyiapkan beberapa dokumen yang juga menjadi syarat buka rekening BCA online yakni:

  • e-KTP
  • Tanda tangan
  • NPWP (jika ada)
  • Data diri

3. Pilih jenis tabungan

Nasabah dapat memilih jenis tabungan sesuai dengan kebutuhan, yakni tabungan Tahapan BCA, Tahapan Xpresi, dan Tahapan Gold.

Masih terkait cara dan syarat buka rekening BCA 2022, ketentuan mengenai setoran awal buka rekening BCA berbeda-beda di masing-masing jenis tabungan.

Untuk Tahapan BCA, setoran awal untuk membuka rekening sebesar Rp 500.000, dengan setoran selanjutnya sebesar Rp 50.000.

Kemudian untuk Tahapan Xpresi setoran awal untuk membuka rekening sebesar Rp 50.000 dengan setoran selanjutnya sebesar Rp 50.000.

Sementara itu, Tahapan Gold diperuntukkan bagi pelaku usaha atau yayasan dengan setoran awal sebesar Rp 10 juta.

4. Membuat kode akses

Setelah memilih jenis tabungan, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi nomor handphone. Untuk itu, Anda akan diminta mengirimkan SMS melalui aplikasi.

Proses tersebut akan dikenakan biaya SMS. Setelah melalui proses verifikasi, nasabah akan diminta untuk membuat kode akses.

Pastikan untuk selalu mengingat kode akses Anda. Kode akses tersebut digunakan untuk masuk kembali ke menu Buka Rekening Baru dan m-BCA.

5. Melengkapi dokumen yang diperlukan

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Dokumen tersebut berupa foto kartu e-KTP, foto diri, tanda tangan, hingga NPWP.

Ketika mengambil gambar dari masing-masing dokumen pastikan sudah sesuai dengan yang diinstruksikan di dalam aplikasi.

Untuk foto diri, pastikan wajah harus terlihat jelas, tidak memakai kacamata, topi, perban, atau barang lain yang menutupi wajah.

6. Melengkapi informasi pribadi

Selanjutnya, Anda akan diminta melengkapi informasi pribadi seperti tujuan membuka rekening, data nama ibu kandung, status perkawinan, agama, hingga status tempat tinggal. Anda juga akan dimintai informasi mengenai pekerjaan.

7. Memilih kartu

Setelah seluruh data informasi pribadi lengkap diisi, maka Anda akan diminta untuk memilih kartu yang diinginkan.

Setiap kartu memiliki kelebihan masing-masing seperti limit tarik tunai dan limit transfer antar BCA dengan biaya administrasi yang beragam. Pastikan Anda memilih kartu sesuai dengan yang Anda butuhkan.

8. Memilih cabang rekening terdaftar

Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email untuk keperluan internet banking dan selanjutnya diminta memilih alamat kantor cabang terdekat untuk pengambilan kartu debit.

Namun demikian, pengambilan kartu tidak harus dilakukan saat hari pendaftaran. Sebab, nasabah bisa menggunakan fitur atau layanan BCA seperti transfer, mengambil uang di ATM tanpa kartu debit.

9. Video call verifikasi data

Setelah mengonfirmasi data-data yang sebelumnya sudah diisi, maka Anda akan masuk ke tahapan video call untuk verifikasi data.

Video call dengan layanan customer service BCA tersebut akan memakan waktu kurang lebih lima menit. Selain itu, dibutuhkan jaringat internet yang stabil. Layanan ini tersedia setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 20.00 WIB.

10. Aktivasi Mobile Banking

Langkah terakhir sebelum akhirnya Anda memiliki rekening BCA dan layanan mobile banking bisa digunakan, Anda perlu melakukan aktivasi.

Untuk itu, Anda juga perlu membuat PIN sebagai langkah aktivasi mobile dan internet banking. Bila sudah membuat PIN berupa enam digit angka, maka rekening dan mobile banking BCA Anda sudah siap digunakan.

Setelah berhasil pembukaan rekening online di BCA mobile, Anda dapat melakukan pencetakan kartu ATM ke cabang terdekat atau melalui CS Digital.

Pengambilan kartu ATM BCA setelah daftar online bisa dilakukan cukup membawa e-KTP asli dan dikenakan biaya cetak kartu ATM sesuai jenis kartunya, sehingga Anda tidak harus menyertakan bukti email notifikasi pembukaan rekening.

Itulah cara buka rekening BCA online tanpa ke bank, lengkap dengan syarat buka rekening BCA online dan ulasan terkait setoran awal buka rekening BCA.