radarutama.com – Pemerintah telah resmi mengalihkan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar dan Pertalite untuk memberi bantuan sosial kepada masyarakat.

Kenaikan BBM tersebut mempengaruhi harga berbagai sektor kebutuhan pokok masyarakat mulai dari pangan hingga transportasi.

Namun, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, seiring kenaikan harga barang dan jasa tersebut juga akan diimbangi dengan penyesuaian gaji karyawan oleh perusahaan di tengah kondisi ini.

“Kalau masalah kenaikan gaji ini kan kebijakan masing-masing perusahaan dan memang biasanya ada adjustment saat inflasi itu selalu. Yang namanya adjustment atau gaji di-adjust atau diperbaiki, itu di semua perusahaan seperti itu, pasti akan dilakukan,” ujarnya mengutip detikcom di Graha Pertamina dikutip Jumat (9/9/2022).

Erick mengatakan, di tengah kekhawatiran masyarakat terhadap kenaikan biaya di berbagai sektor, pihaknya berupaya menyeimbangkan dengan beberapa program untuk masyarakat, salah satunya Program Makmur Petani.

“Di mana Makmur Petani ini petani diberi pembiayaan, lalu dikasih pupuk dan bibit yang benar oleh PT Pupuk, dikasih asuransi gagal panen oleh Jasindo. Ini baru empat, baru yang namanya kelapa sawit, gula, itu oleh BUMN, padi dan jagung bersama swasta,” jelasnya.

Di sisi lain, beberapa waktu lalu pihaknya juga menjalin kerja sama dengan perusahaan swasta Belanda menyangkut komoditas kopi. Ia menyebut, nilai transaksinya mencapai US$ 5,6 juta atau setara Rp 84 miliar (kurs Rp 15.000/US$).

“Jadi dari 7.000 hektar sudah ada pembelinya dari luar negeri. Itu 100% swasta dari Belanda. Total transaksi ya lumayan, belum besar, tapi sudah mulai US$ 5,6 juta. Artinya apa? Kita dorong juga mayoritas bangsa kita harus jadi pengusaha,” kata Erick.

Erick mengatakan, pemerintah berupaya mendorong mayoritas masyarakat Indonesia untuk menjadi pengusaha. Pasalnya, jumlah pengusaha Indonesia baru menyentuh angka sekitar 3% sedangkan untuk menjadi negara maju dibutuhkan hingga 14%.

“Makanya kita dorong. Bagaimana BUMN ini memberikan pembiayaan dan pendampingan. Termasuk CSR BUMN pun sekarang cuma 3. Pertama memberikan pendidikan, perbaikan lingkungan hidup, dan yang ketiga pendampingan UMKM untuk digital marketing,” tandasnya.