radarutama.com – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) menginginkan produk Indonesia bisa masuk Arab Saudi dan memenuhi permintaan makanan jemaah umrah-haji. Saat ini perjanjian kerja sama dagang kedua negara masih dalam proses penyelesaian.

Demikian dikatakan Zulhas saat mengunjungi Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) di Jeddah, Arab Saudi seperti dilihat dari akun Instagram @itpc.jeddah, Jumat (9/9/2022).

“Saya datang kemari, kita ingin agar produk-produk dari Indonesia bisa masuk ke Arab Saudi,” kata Zulhas.

Zulhas menyebut potensi perdagangan Indonesia ke Arab Saudi sangat besar melihat jumlah masyarakat yang beribadah di sana. Sayangnya selama ini bahan pangan untuk jemaah haji dan umrah bukan berasal dari Tanah Air.

“Bayangkan kita kirim 200 ribu lebih haji, kita kirim umrah mungkin jutaan jumlahnya per tahun, itu nilai makan saja triliunan yang haji, apalagi kalau sama umrah, banyak sekali. Selama ini telur, ayam, bumbu-bumbu, ikan, sayuran, buah itu dari Vietnam dan Thailand,” bebernya.

Zulhas ingin agar produk pangan Indonesia ke depannya bisa berkontribusi memenuhi permintaan jemaah umrah dan haji di Arab Saudi.

“Uangnya uang kita, yang makan orang kita, masa dari tempat lain karena alasannya kita belum ada perjanjian dagang. Ini yang kita ingin selesaikan cepat agar perjanjian dagang Indonesia dan Arab Saudi bisa terjadi sehingga produk-produk kita bisa masuk ke Arab Saudi untuk memenuhi permintaan paling tidak haji, umrah, tentu dengan masyarakat sini,” tuturnya.

Jika sudah begitu, Zulhas berharap Arab Saudi bisa jadi penghubung masuknya produk pangan Indonesia ke kawasan sekitar Timur Tengah.

“Syukur-syukur nanti Arab Saudi jadi hub kita untuk ke Afrika, Eropa Timur, Asia Tengah dan lain-lain,” tandasnya.