radarutama.comJakarta, CNBC IndonesiaHari Olahraga Nasional ke 39 yang jatuh pada tanggal 9 September 2022 menjadi refleksi bagi Grup MIND ID untuk terus mendukung pengembangan sumber daya manusia di bidang olahraga.

Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID, Dany Amrul Ichdan mengatakan grup MIND ID berkomitmen untuk mendukung perkembangan olahraga di Indonesia, karena hal ini sejalan dengan sustainability pathway MIND ID.

“Terutama dalam pilar people, untuk mengembangkan potensi dan keterampilan setiap masyarakat baik yang di sekitar tambang maupun di skala Nasional terutama di bidang olahraga,” ujar Dany dalam keterangan tertulis, Jumat (9/9/2022).

Dukungan dari MIND ID sebelumnya telah ditunjukkan pada helatan Asian Paragames 2022 yang baru saja selesai di gelar di Solo, Jawa Tengah. Grup MIND ID memberi dukungan pelaksanaan yang pada akhirnya menghantarkan delegasi Indonesia keluar sebagai juara.

Dukungan lainnya juga ditunjukkan oleh salah satu anggota MIND ID melalui PT Freeport Indonesia (PTFI) yang membuat Papua Football Academy (PFA) sebagai bentuk tindak lanjut dan kesinambungan dari Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada 2021 lalu.

Dan pada 31 Agustus 2022 lalu, Presiden Joko Widodo telah meresmikan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Papua. Terdapat 60 siswa terpilih untuk bergabung dalam PFA.

Selama 2 tahun mereka diberikan kesempatan tidak hanya berlatih secara profesional dengan 6 pelatih, namun juga tinggal di asrama Mimika Sports Complex (MSC) yang dilengkapi dengan Pendidikan formal, sehingga atlet juga tetap berprestasi secara akademis.

Selain itu, MIND ID juga turut mendukung penyelenggaraan IFSC Climbing World Cup yang akan diselenggarakan oleh Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI).

Pada tahun ini, Indonesia bersama dengan delapan negara lainnya berkesempatan menjadi tuan rumah untuk kompetisi panjat tebing taraf internasional ini. Di Indonesia, kompetisi akan mulai digelar pada bulan September ini berlokasi di SCBD, Jakarta Selatan.

“Grup MIND ID merasa bangga mendengar lagu Indonesia Raya berkumandang dan bendera Merah Putih berkibar di setiap ajang kompetisi International. Apresiasi setinggi – tingginya untuk setiap atlet yang turut berjuang dan menyumbangkan nama harum Indonesia. Selamat Hari Olahraga Nasional, maju terus Olahraga Indonesia, bersama kita cetak juara,” pungkas Dany.