radarutama.com – Adapun hubungan tersebut berhasil digambarkan oleh berbagai media populer dari buku hingga serial film yang menampilkan bagaimana seorang Putri Diana hadir di tengah keluarga Ratu Elizabeth.

Mari menilik balik hubungan rumit antara Ratu Elizabeth dengan Putri Diana yang kerap menghadapi pasang surut.

Kisah Putri Diana di tengah keluarga Ratu Elizabeth

Kisah hidup Putri Diana sempat diabadikan dalam buku memoar yang berjudul Diana: Her True Story, ditulis oleh sosok Andrew Morton.

Dalam buku tersebut, sosok Andrew Morton menceritakan kembali bagaimana perasaan Putri Diana saat hadir di tengah keluarga kerajaan Inggris. Dituliskan bahwa Putri Diana sempat merasa ketakutan saat berhadapan dengan sang Ratu.

Morton juga mengisahkan bahwa Diana sempat mengalami depresi, dan tak satupun orang membantunya di tengah tekanan mental.

Pasang surut hubungan Diana dengan Sang Ratu

Kontras dengan Morton, Ingrid Seward melalui bukunya The Queen and Di mencatatkan tentang puncak hubungan Putri Diana dengan Sang Ratu saat pernikahannya dengan Pangeran Charles.

Pada masa-masa awal pernikahannya dengan Charles, Diana sempat memiliki hubungan spesial dengan sang ibu mertua. Bahkan, dituliskan bahwa Diana menyebut Ratu Elizabeth II sebagai menantu terbaik di dunia.

Kedekatan tersebut tak bertahan lama. Sebab lambat laun rasa sayang Charles ke Diana semakin memudar dan hubungan mereka tak dapat diselamatkan.

Sang Ratu berusaha membuat keduanya rujuk, namun Charles kala itu dilanda dengan skandal perselingkuhan dengan sosok kekasihnya yakni Camilla (sekarang menjadi Permaisuri Inggris usai Charles naik tahta).

Akhirnya, Charles dan Diana memutuskan untuk bercerai pada 1996 silam.

Perasaan Ratu Elizabeth usai ditinggal Putri Diana

Perceraian Putri Diana dengan Pangeran Charles bukan akhir dari skandal dan kontroversi yang menimpa keluarga kerajaan.

Sebab, pada 31 Agustus 1997, Putri Diana tewas secara tragis dalam sebuah kecelakaan di Perancis bersama dengan kekasih barunya, Dodi Fayed dan seorang sopir bernama Henri Paul.

Simpati publik terhadap Putri Diana semakin besar dan pandangan masyarakat kepada Pangeran Charles semakin negatif.

Meski begitu, Ratu Elizabeth II sangat terpukul dengan kematian menantunya. Pada pemakaman Diana, tampak sang Ratu memberikan penghormatan kepada jenazah menantunya. Aksi tersebut merupakan tindakan yang tak lazim karena fakta bahwa seorang Ratu Inggris merupakan penerima hormat tertinggi.

Perasaan terpukul Ratu Elizabeth terhadap wafatnya Diana juga tercermin dari bagaimana dirinya memperlakukan sosok Putri Kate Middleton, yakni istri dari cucunya, Pangeran William.

Sang Ratu tampak tak ingin mengulangi kesalahannya memperlakukan mendiang Putri Diana dan tampak memberikan perhatian khusus pada sosok Putri Kate.