radarutama.com – Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno menyatakan dirinya siap maju sebagai calon presiden ( capres ) di Pilpres 2024 mendatang.

Akan tetapi, Sandi belum membahas kesiapannya itu dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

“Belum. Setelah saya sampaikan siapapun harus siap jika diminta saatnya, pada saat itu,” ujar Sandi saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (8/9/2022) malam.

Sandi baru-baru ini diketahui bertemu dengan Prabowo. Hanya, mereka bertemu dalam momen menyambut kedatangan Presiden Filipina bersama Presiden Joko Widodo.

Alhasil, tidak ada pembicaraan politik di luar kunjungan Presiden Filipina tersebut.

Sandi kemudian berbicara mengenai Prabowo yang membawanya ke dunia politik.

Saat itu, Sandi diminta bergabung ke Gerindra oleh Prabowo. Selain itu, Sandi juga diminta maju di Pilkada DKI Jakarta sebagai calon wakil gubernur.

“(Juga) meminta saya untuk mendampingi beliau di (Pilpres) 2019,” tuturnya.

Sandi menekankan dirinya harus selalu siap jika diminta. Meski demikian, dia belum merasa saat ini waktu yang tepat untuk deklarasi maju capres 2024.

Pasalnya, Sandi masih fokus bekerja sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Kita kan masih tugas di kementerian,” imbuh Sandi.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Ahmad Dasco menyatakan tidak bisa melarang keinginan Sandiaga Uno untuk maju sebagai calon presiden (capres).

Namun ia menyampaikan ada konsekuensi logis dari apa pun langkah politik Sandiaga.

“Ya kami kan enggak bisa melarang kalau hak politik seseorang mau maju. Tapi kan kemudian nanti, ada aturan dan etika-etika yang bersih gitu,” tutur Dasco ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (1/9/2022).

Ia menilai Sandi mestinya sudah mengukur langkah-langkah politik yang harus diambilnya.

Dasco menyampaikan tak mengetahui alasan Sandi menyampaikan keinginannya untuk menjadi capres.

“Soal penjajakan-penjajakan itu, ya mungkin karena Pak Sandi pengen (capres), (maka) coba menjajaki dan karena dia sudah siap tentunya akan ada langkah politik yang diambil oleh Pak Sandi, itu Pak Sandi yang tahu,” paparnya.

Dasco menegaskan suara kader Partai Gerindra sudah bulat tetap memilih Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Oh jelas kalau di Gerindra sudah final, bahwa calon presiden adalah Pak Prabowo, kan sudah diketok,” pungkasnya.