radarutama.com – Instagram mulai menguji kemampuan untuk memosting ulang posting pengguna lain, jejaring sosial.

Instagram berencana segera mengujinya dengan pengguna tertentu.

“Kami sedang menjajaki kemampuan untuk membagikan ulang postingan di Feed — mirip dengan cara kamu membagikan ulang di Stories — sehingga orang-orang dapat membagikan apa yang sesuai dengan mereka, sehingga kreator asli dihargai atas karya mereka,” kata juru bicara Meta kepada TechCrunch, Jumat (9/9/2022).

“Kami berencana untuk menguji ini segera dengan sejumlah kecil orang.”

Fitur baru ini pertama kali ditemukan oleh konsultan media sosial Matt Navarra, yang memosting tangkapan layar yang menampilkan tab Repost.

Tab tersebut kemungkinan akan menjadi rumah bagi semua pos yang telah dibagikan ulang oleh pengguna di akun mereka.

Menurut tangkapan layar, tab Repost akan muncul di profil pengguna di samping tab posting, gulungan, dan foto yang ditandai.

Saat ini, tidak ada cara langsung untuk memosting ulang postingan pengguna lain di Instagram.

Pengguna yang ingin membagikan ulang postingan, terkadang menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya.

Penambahan fitur repost akan menghilangkan kebutuhan saat harus membagikan ulang postingan.

Perlu dicatat bahwa meskipun saat ini kamu dapat membagikan kiriman seseorang di Story kamu.

Fungsi tab Repost yang akan datang ini memungkinkan kamu membagikan kiriman tersebut di bagian umpan.

Instagram kemungkinan menyadari bahwa banyak penggunanya sudah menggunakan fitur berbagi Story dan juga menggunakan DM untuk berbagi kiriman dengan teman.

Konsep repost di media sosial bisa dibilang berawal dari fitur Retweet Twitter, yang kemudian diadopsi oleh platform lain.

Rencana Instagram untuk fitur repost datang ketika TikTok telah menguji versi retweet Twitter sendiri dengan penambahan tombol “Repost” baru yang memungkinkan pengguna memperkuat video di platform dengan membagikannya dengan pengikut mereka sendiri.

Dalam kasus Instagram, repost akan muncul di feed pengikut kamu dan juga akan ditampilkan di profil kamu di tab repost yang ditentukan, menurut tangkapan layar yang dibagikan oleh Navarra.

Tampaknya, Instagram telah mengerjakan repost setidaknya selama beberapa bulan dari sekarang, karena peneliti aplikasi Alessandro Paluzzi melihat fitur tersebut dalam pengembangan pada Mei lalu.

Menurut tangkapan layar yang dibagikan oleh Paluzzi, pengguna akan dapat menemukan opsi repost di menu bagikan.

Tangkapan layar juga menunjukkan bahwa pengguna akan memiliki opsi untuk menambahkan pemikiran mereka sendiri saat membagikan ulang postingan.

Seperti halnya fitur pengujian lainnya, tidak diketahui kapan atau apakah Instagram berencana untuk merilis fungsionalitas repost ke semua pengguna.