radarutama.com – Apple resmi meluncurkan iPhone 14 series dalam acara Apple Event yang digelar Rabu (7/9/2022) waktu AS atau Kamis (8/9/2022) pukul 00.00 WIB.

Salah satu fitur baru yang hadir di iPhone 14 yaitu konektivitas satelit untuk komunikasi ketika pengguna dalam kondisi darurat atau saat tidak terjangkau sinyal operator seluler maupun internet.

Fitur ini sebenarnya sudah dirumorkan sejak lama, bahkan sebelum iPhone 13 diluncurkan pada tahun lalu.

Awalnya konektivitas satelit diduga akan hadir di iPhone 13, namun absen dan baru tersedia di iPhone 14. Lantas bagaimana fitur ini bekerja?

Awalnya iPhone akan membantu pengguna mengarahkan ponsel ke arah yang akan memberikan sinyal terbaik.

Setelah iPhone tersambung ke satelit, pengguna akan menerima pesan dan bisa membuka pesan yang memungkinkannya terhubung ke penyedia layanan darurat.

Namun, proses pengiriman pesan tersebut mungkin memakan waktu cukup lama dibanding menggunakan sinyal operator seluler atau internet pada umumnya. Sebab menurut Apple, konektivitas satelit cukup terbatas.

“Saat Anda menggunakan koneksi satelit, pengalamannya akan berbeda dengan berkirim pesan atau menerima pesan lewat seluler. Dalam kondisi ideal dengan pemandangan langsung ke langit, pesannya mungkin perlu 15 detik untuk dikirim dan lebih dari satu menit ketika dikirim di bawah pohon berdaun ringan atau sedang,” tulis Apple di halaman resminya.

“Jika Anda berada di bawah dedaunan lebat atau dikelilingi oleh penghalang lain, Anda mungkin tidak dapat terhubung ke satelit,” kata Apple.

Pesan itu berisi beberapa pertanyaan seperti “Ada yang terluka?”, serta beberapa opsi jawaban yang bisa pengguna pilih untuk meresponsnya. Pesan tersebut dikompres hingga sepertiga dari pesan normal, sehingga pengirimannya bisa lebih cepat.

Ketika pesan dikirim ke satelit, selanjutnya pesan tersebut akan diteruskan ke pusat tanggap darurat. Bila lembaga tersebut hanya menerima panggilan suara, maka pesan pengguna akan dikirimkan ke pusat respons yang terhubung ke pusat tanggap darurat.

Dihimpun KompasTekno dari Engadget, Sabtu (10/9/2022) fitur konektivitas satelit akan tersedia secara gratis selama dua tahun di semua model iPhone 14, meliputi iPhone 14 “reguler”, iPhone 14 Plus , iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max . Namun tidak berlaku untuk iPhone yang dibeli di China, Hong Kong atau Makau.

Fitur ini bisa didapatkan melalui pembaruan iOS 16 yang akan dirilis pada November 2022.

Belum diketahui berapa biaya yang harus dikeluarkan pengguna untuk tetap bisa mendapat fitur konektivitas satelit setelah tersedia selama dua tahun ke depan.

Apple berkata, pada tahap awal, fitur ini akan tersedia untuk pengguna iPhone 14 series di AS dan Kanada, kemudian dirilis ke pasar lain dalam beberapa bulan mendatang.

Untuk menyediakan konektivitas satelit di iPhone 14 series, Apple menggandeng perusahaan komunikasi satelit Globalstar. Apple konon menggelontorkan 450 juta dollar AS (Rp 6,7 triliun) demi fitur tersebut.

Globalstar kebagian separuh dari alokasi dana tersebut. Namun Apple tak mejelaskan perusahaan mana lagi yang akan dilibatkan untuk mendukung fitur tersebut.

Cara terhubung ke layanan darurat via satelit

  • Pegang iPhone Anda di tangan tanpa perlu mengangkatnya ke ketinggian, jangan dimasukan ke saku atau ransel
  • Pastikan Anda berada di luar ruangan dengan pemandangan langit yang jelas. Hindari pohon, perbukitan, gunung atau bangunan tinggi karena bisa menghambat sinyal satelit
  • iPhone akan mengarahkan Anda bila anda perlu bergerak ke area lain guna menghindari sinyal yang diblokir. Bila Anda mendapati petunjuk tersebut, ikuti petunjuknya
  • Koneksi satelit akan bertahan meskipun layar iPhone dikunci

Cara kirim pesan ke layanan darurat via satelit

  • Saat dalam keadaan darurat, coba hubungi layanan darurat meskipun sinyal operator tidak terjangkau.
  • Namun bila praktik itu tetap tidak berhasil, Anda bisa mengirimkan pesan SMS ke layanan darurat melalui sinyal satelit dengan menekan menu “Teks darurat via satelit” atau “Emergency Text via Satellite”.
  • Anda juga bisa membuka menu pesan dan mengirimkan teks ke 911 atau SOS, kemudian pilih Emergency Service atau Layanaan Darurat
  • Klik Laporan Darurat/Report Emergency
  • Jawab pertanyaan yang tersedia (kuesioner) untuk menggambarkan situasi Anda
  • Anda juga bisa menginformasikan kontak darurat Anda bahwa Anda sudah menghubungi layanan darurat, serta menginformasikan lokasi dan kondisi darurat Anda
  • Ikuti instruksi di layar untuk terhubung ke satelit
  • Setelah terhubung, ikuti petunjuk selanjutnya agar tetap terhubung selama Anda mengirimkan pesan Anda ke layanan darurat

Saat terhubung, iPhone Anda akan memulai percakapan teks dengan responden layanan darurat dan membagikan informasi penting seperti ID Medis dan informasi kontak darurat Anda, jawaban kuesioner darurat, lokasi hingga masa pakai baterai iPhone Anda

Anda juga mungkin diminta untuk menanggapi pesan tambahan. Untuk menjawabnya, Anda bisa menggunakan karakter latin.

Jika Anda mempertimbangkan untuk membeli iPhone 14 series, Anda bisa melihat daftar harga iPhone 14 series melalui