radarutama.com – >

RATU Elizabeth II meninggal pada Kamis (8/9/2022) di usia 96 tahun. Sepanjang usianya itu, 70 tahun dilewati di takhta Kerajaan Inggris .

Terlahir dengan nama Elizabeth Alexandra Mary Windsor, dia menjadi Ratu Inggris sejak 6 Februari 1952. Takhta beralih kepada Elizabeth setelah sang ayah, Raja George VI, meninggal.

Namun, mahkota kerajaan baru disematkan kepadanya pada 2 Juni 1953. Pemahkotaan Elizabeth di Westminster Abbey, London, disiarkan secara langsung ke seantero dunia dalam 44 bahasa.

70 tahun masa kekuasaan Ratu Elizabeth II adalah yang terlama dalam sejarah dunia sejak abad ke-17. Ditarik mundur ke abad ke-17, periode pemerintahan yang melebihi itu adalah era Raja Louis XIV di Perancis, yang memerintah pada 1643-1715.

Seperti terlihat pada grafik di atas, Raja Bhumibol Adulyadej juga bertakhta selama 70 tahun. Saat Kompas.com menelisik ulang data, Raja Bhumibol dan .

Artinya, Raja Bhumibol bertakhta selama 70 tahun dan empat bulan. Adapun Ratu Elizabeth yang naik takhta pada 6 Februari 1952 dan mangkat pada 8 September 2022 berada di takhta selama 70 tahun dan 7 bulan.

Selama Ratu Elizabeth bertakhta, pelaksanaan pemerintahan Inggris dijalankan 15 orang perdana menteri yang berbeda dalam 16 kurun periode jabatan terpisah.

Perbedaan jumlah orang dan pergantian pemerintahan ini tersebab ada sosok Harold Wilson yang dua kali menjadi Perdana Menteri Inggris dengan berseling periode pemerintahan Edward Heath.

Dari daftar Perdana Menteri Inggris dalam grafik di atas, tampak sosok mulai dari , , hingga dan .

Naskah: KOMPAS.com/PALUPI ANNISA AULIANI