Banjir Filipina Tewaskan 42 Orang: Ini Lokasi dan Penyebabnya

radarutama.com – Banjir di Filipina terjadi usai dilanda hujan deras. Tak hanya banjir, tanah longsor pun melanda sejumlah titik banjir di Filipina itu.

Sebanyak 42 orang dilaporkan tewas dalam bencana alam tersebut. Berikut informasi selengkapnya yang telah dirangkum.

Mengutip dari AFP dan Reuters, tanah longsor dan banjir menerjang sejumlah wilayah di Provinsi Maguindanao, Filipina bagian selatan. Banjir tersebut akibat guyuran hujan deras sejak Kamis (27/10/2022) malam.

Selain wilayah tersebut, satuan militer juga memeriksa area lain yang dilaporkan terkena banjir dan longsor. Banjir bandang juga melanda sebagian besar pedesaan sekitar Cotabato, pulau Mindanao.

Korban tewas akibat bencana banjir dan longsor di Filipina selatan mencapai 42 orang. Menteri Dalam Negeri Daerah Otonomi Bangsamoro di Mindanao, Naguib Sinarimbo merinci jumlah korban tewas sebagai berikut.

“Tim di perahu karet telah menyelamatkan penduduk dari atap di beberapa kota,” kata Sinarimbo, dikutip detikcom, Sabtu (29/10/2022).

Sinarimbo menambahkan sebanyak 16 orang juga dilaporkan hilang.

Hujan deras yang terjadi sejak Kamis (27/10/2022) tengah malam menjadi penyebab utama banjir Filipina. Diketahui, banjir juga disebabkan oleh badai tropis yang mendekati wilayah Filipina selatan.

Dalam beberapa tahun terakhir, banjir bandang dengan lumpur dan puing-puing dari sebagian besar lereng gunung yang gundul di Filipina telah menjadi salah satu bencana paling mematikan. Bencana itu disebabkan oleh topan.

Berkaitan dengan banjir Filipina , mari kita ketahui apa yang dimaksud dengan banjir. Banjir adalah salah satu jenis bencana yang terjadi akibat kondisi alam, seperti curah hujan yang tinggi atau ulah manusia, seperti penebangan pohon tanpa reboisasi.

Banjir terjadi ketika luapan air menenggelamkan tanah atau daratan lain yang biasanya kering. Menurut Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, banjir terdiri dari beberapa jenis, seperti:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *