radarutama.com – Raja Inggris yang baru, Raja Charles III , menerima ciuman dari seorang wanita saat menyapa warga yang berkumpul di luar Istana Buckingham pada Jumat (9/9) waktu setempat. Dalam momen itu, warga juga meneriakkan ‘God Save the King’ untuknya.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (10/9/2022), Raja Charles III kembali ke London untuk pertama kalinya sejak wafatnya Ratu Elizabeth II pada Kamis (8/9) waktu setempat. Setibanya di Istana Buckingham pada Jumat (9/9) waktu setempat, Raja Charles keluar dari mobil untuk menemui ribuan warga yang berkumpul di depan gerbang.

Raja Charles III menjabat tangan warga, menerima bunga dan melambaikan tangan ke arah warga yang berkumpul. Beberapa orang bahkan mengangkat ponsel mereka untuk berfoto selfie dengannya. Ada juga yang menyampaikan belasungkawa kepadanya.

Di antara kerumunan orang itu, seorang wanita memberanikan diri untuk mencium Raja Charles III, yang kemudian menerima ciuman di pipi itu dengan senyum. Momen langka itu terekam kamera wartawan yang ada di lokasi dan menjadi pemberitaan media-media.

Wanita yang mencium Raja Charles III itu belakangan diketahui bernama Jenny Assiminios, yang berasal dari Siprus. Dalam wawancara dengan CNN, Assiminios menuturkan dirinya meminta izin kepada Raja Charles III untuk mencium pipinya.

“Saya melihatnya di depan saya. Saya tidak mempercayainya dan saya berkata kepadanya, ‘Bolehkah saya mencium Anda?’ Dia berkata, ‘Iya, iya’, jadi saya memegangnya dan saya sangat senang,” tutur Assiminios dalam wawancara dengan CNN setelah momen langka itu.

Dalam momen lainnya, tampak seorang wanita mencium tangan kanan Raja Charles III.

Momen Raja Charles III menyapa langsung warga itu menuai pujian. “Itu mengesankan, menyentuh, langkah yang bagus untuk tampil di hadapan banyak orang,” ucap Ammar Al-Baldawi yang seorang pensiunan dari London Utara.

“Saya melihat bagian atas kepalanya, saya tidak menyangka, saya hanya datang untuk membawa bunga. Itu menyenangkan,” ucap seorang warga lainnya, Apophia Othieno, yang berkumpul di luar Istana Buckingham.