radarutama.com – Raja Charles III naik takhta menjadi pemimpin Kerajaan Inggris menggantikan Ratu Elizabeth II yang meninggal dunia. Istri Charles, Camilla jadi permaisuri Charles atau queen consort.

“Ini juga merupakan waktu perubahan bagi keluarga saya. Saya mengandalkan bantuan penuh kasih dari istri tercinta saya Camilla. Sebagai pengakuan atas pelayanan publik kerajaannya sendiri sejak pernikahan kami 17 tahun lalu, dia menjadi Permaisuri saya,” kata Raja Charles III dalam pidatonya yang dilansir CNN, Sabtu (10/9/2022).

Charles mempercayai istrinya dapat menjalankan peran barunya. Charles mengaku mengandalkan istrinya menjalani peran baru ini.

“Saya tahu dia akan memenuhi tuntutan peran barunya, pengabdian yang teguh pada tugas yang sangat saya andalkan,” lanjutnya.

Raja Charles III juga mengungkapkan rasa cinta kepada sang mendiang Ratu Elizabeth II. Charles mengungkapkan terima kasihnya atas pengabdian Ratu Elizabeth II selama hidup.

“Untuk mamaku tersayang, saat kamu memulai perjalanan besar terakhirmu untuk bergabung dengan mendiang papaku tersayang, aku hanya ingin mengatakan ini: Terima kasih,” kata Raja Charles III

“Terima kasih atas cinta dan pengabdian Anda kepada keluarga kami dan keluarga bangsa-bangsa yang telah Anda layani dengan rajin selama ini,” Raja Charles.

Raja Charles III juga mengumumkan pengangkatan William sebagai Pangeran Wales atau Prince of Wales. Raja Charles III mengaku bangga mengangkat William sebagai Pangeran Wales.