radarutama.com – Lagu Kebangsaan Inggris akan diubah dari yang sebelumnya God Save The Queen menjadi God Save The King .

Penggantian lagu kebangsaan tersebut menyusul berpulangnya Ratu Elizabeth II di mana takhta Kerajaan Inggris selanjutnya akan dipegang oleh Pangeran Charles.

Ratu Elizabeth II meninggal di usia 96 di Kastil Balmoral, Skotlandia, pada Kamis (8/9/2022).

Charles, sebagai urutan pertama ahli waris takhta, akan dinobatkan sebagai Raja Inggris dan namanya menjadi Raja Charles III.

Isi lagu kebangsaan yang baru akan tetap sama dengan yang lama, yang diganti hanya kata “ratu” menjadi “raja”, sebagaimana dilansir .

Lagu God Save The King ditulis pada 1745 untuk menghormati penguasa Kerajaan Inggris saat itu, Raja George III.

Sejak saat itu, God Save The King dan God Save The Queen silih berganti menjadi Lagu Kebangsaan Inggris tergantung penguasa Inggris yang menjabat.

Bila yang naik takhta adalah raja, maka lagu kebangsaan menjadi God Save The King. Sebaliknya, jika yang menjabat adalah ratu, maka lagunya God Save The Queen.

God Save The King terakhir digunakan sebagai Lagu Kebangsaan Inggris pada masa pemerintahan George VI, hingga wafatnya pada 1952.

Setelah itu, Lagu Kebangsaan Inggris menjadi God Save The Queen ketika Ratu Elizabeth II menjabat hingga dia berpulang setelah memegang takhta selama 70 tahun.

Ratu Elizabeth II diumumkan wafat selang beberapa jam setelah Istana Buckingham mengatakan bahwa para dokter mengkhawatirkan kesehatan sang ratu.

Charles juga merilis pernyataan setelah wafatnya Ratu Elizabeth II, berduka atas mendiang ibunya.

“Kematian ibu tercinta saya, Yang Mulia, ratu, adalah momen kesedihan terbesar bagi saya dan semua anggota keluarga saya,” kata Charles yang kini berusia 73 tahun.