radarutama.com – Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat. Dalam setahun terakhir ia dirundung masalah kesehatan sejak masuk rumah sakit pada Oktober 2021.

Penguasa Kerajaan Inggris berusia 96 tahun itu juga membatalkan serangkaian pertemuan publik atas saran medis.

Dikutip dari kantor berita AFP, berikut adalah riwayat sakit Ratu Elizabeth II dalam satu tahun ke belakang.

1. Oktober 2021

Ratu Elizabeth II terlihat menggunakan tongkat jalan di Westminster Abbey pada 12 Oktober 2021, kali pertama dia melakukannya di acara publik besar.

Sang ratu juga membatalkan perjalanan dua hari ke Irlandia Utara setelah disarankan untuk beristirahat dengan alasan medis, menurut pengumuman Istana Buckingham pada 20 Oktober 2021.

Keesokan harinya Istana Buckingham mengatakan, Ratu Elizabeth II mengunjungi rumah sakit swasta London untuk penyelidikan awal dan menginap semalam.

Pada 26 Oktober 2021, Istana Buckingham mengatakan bahwa Ratu Elizabeth II melanjutkan tugas ringan.

2. November 2021

Ratu Elizabeth II terlihat mengendarai mobil di rumahnya di Kastil Windsor, sebelah barat London, pada 1 November 2021.

Namun, dia menarik diri dari KTT perubahan iklim PBB di Glasgow, Skotlandia atas nasihat dokter untuk beristirahat dan tidak menghadiri acara tahunan Remembrance Sunday pada 14 November 2021 karena sakit punggung.

3. 20 Februari 2022

Ratu Elizabeth II dinyatakan positif Covid-19 setelah melanjutkan audiensi langsung di Kastil Windsor. Istana Buckingham menyebutkan gejalanya ringan seperti pilek.

Dia sempat berkata, “Itu membuat seseorang sangat lelah dan kewalahan, bukan?”

4. Maret 2022

Ratu Elizabeth II menarik diri dari layanan Commonwealth Day di Westminster Abbey, tetapi dia menghadiri upacara peringatan 29 Maret di sana untuk mendiang suaminya, Pangeran Philip, yang meninggal dalam usia 99 tahun pada 2021.

5. April 2022

Ratu Elizabeth II melewatkan kebaktian tradisional Kamis Putih.

6. Mei 2022

Ratu Elizabeth II absen dari upacara Pembukaan Parlemen Negara pada 10 Mei karena masalah mobilitas episodik, kali ketiga dia melakukannya sejak 1952. Pewarisnya yaitu Pangeran Charles lalu mengambil alih perannya.

7. Juni 2022

Ratu Elizabeth II melewatkan rangkaian acara Platinum Jubilee untuk menandari 70 tahun bertakhta, termasuk kebaktian di Katedral St Paul pada 3 Juni.

Dia hanya membuat dua penampilan publik, juga melewatkan ajang balap The Derby di Epsom pada 4 Juni 2022.

8. September 2022

Ratu Elizabeth II tidak hadir di acara tradisional Braemar Gathering Highland Games di dekat Balmoral pada akhir pekan pertama September 2022.

Pada 6 September, sang ratu secara resmi menunjuk Liz Truss sebagai perdana menteri ke-15 Inggris selama masa kekuasaannya dan difoto dengan berdiri menjabat tangannya.

Ratu pada bulan ini juga melakukan upacara di Balmoral, Skotlandia, untuk kali pertama, bukan di Istana Buckingham.

Pada 7 September 2022, dia batal menghadiri pertemuan yang direncanakan dengan penasihat politik senior setelah diwajibkan istirahat.

Tanggal 8 September 2022, Istana Buckingham mengumumkan bahwa para dokter khawatir dengan kondisinya dan menyarankan Ratu Elizabeth II tetap dalam pengawasan medis di Kastil Balmoral, Skotlandia.

Ratu Elizabeth II meninggal pada hari itu dalam usia 96 tahun. Sebelum mengembuskan napas terakhir, semua anak dan cucunya bergegas menemani di sisinya.