radarutama.com – Kabupaten Malang merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Timur. Tidak hanya memiliki wisata buatan, banyak juga wisata alam yang indah.

Udara segar di Malang menambah minat pengunjung untuk berlibur di sana. Wisata alam di Malang sangat lengkap, mulai dari pantai pasir putih, air terjun yang asri, kebun teh, dan perbukitan.

Berikut 10 wisata alam di Malang yang bisa kamu kunjungi untuk melepas penat.

1. Coban Rondo

Coban merupakan bahasa Jawa yang memiliki arti air terjun. Sementara rondo artinya adalah janda.

Mengutip , Rabu (25/08/2021), legenda air terjun ini berawal dari sepasang pengantin baru bernama Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi dan suaminya Raden Baron Kusuma dari Gunung Anjasmara.

Alkisah, Joko Lelono yang tidak jelas asal usulnya terpikat dengan kecantikan Dewi Anjarwati. Ia berusaha merebut Dewi Anjarwati dari tangan Raden Baron. Perkelahian sengit terjadi selama tiga hari tiga malam antara Joko Lelono dan Raden Baron Hingga keduanya tewas.

Sejak saat itu, Dewi Anjarwati berstatus janda. Air terjun tempat Dewi Anjarwati menunggu suaminya itu pun diberi nama Coban Rondo yang artinya air terjun janda.

Coban Rondo di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Jaraknya sekitar 31 kilometer dari pusat kota Kota Malang atau sekitar satu jam perjalanan darat dengan mobil.

2. Coban Rais

Pilihan wisata air terjun lainnya di Malang adalah Coban Rais. Air terjun setinggi 20 meter ini berada di Dusun Desel, Desa oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Malang.

Mengutip , Jumat (07/05/2021), air terjun ini masih berada di tengah hutan lebat, sehingga pemandangannya masih asri. Namun, perjalanan menuju ke titik air terjun cukup menantang sehingga wisatawan diminta untuk berhati-hati.

Dulunya, obyek wisata ini bernama Coban Sabrangan karena perjalanan menuju lokasi harus menyeberangi 14 sungai. Maklum, Coban Rais terletak di ketinggian 1.025 meter di atas permukaan laut (mdpl), tepatnya di lereng Gunung Panderman.

Namun, banyak masyarakat yang menyebutnya dengan Coban Rais Mojokerto, sebab lokasinya berdekatan dengan Kabupaten Mojokerto yang berbatasan dengan Kota Batu, Malang.

3. Pantai Balekambang

Malang juga memiliki wisata pantai indah berpasir putih yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu pantai terkenal di Malang adalah Pantai Balekambang.

Mengutip , Kamis (10/02/2022), Pantai Balekambang dikelilingi pepohonan yang masih asri.

Wisatawan yang berkunjung bisa melakukan berbagai macam aktivitas. Mulai dari bermain pasir yang memiliki warna kuning keputihan, hingga berfoto di atas hamparan karang saat air surut.

Namun salah satu kegiatan wisata yang tidak boleh terlupakan adalah berkunjung ke Pura Ismoyo yang berada di Pulau Karang. Untuk menuju ke Pura Ismoyo, pengunjung harus menyeberangi jembatan sepanjang 70 meter.

Pantai Balekambang berada di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Tepatnya sekitar 58 km atau 1 jam 48 menit dari Kota Malang naik mobil.

4. Pantai Teluk Asmara

Pantai Teluk Asmara Salah kerap dijuluki Raja Ampat karena memiliki geografis yang mirip dengan surga di Papua Barat itu.

Selain memiliki pasir putih dan warna laut yang biru jernih, pantai ini juga memiliki hamparan pulau-pulau kecil yang bisa dilihat dari ketinggian dengan menaiki anak tangga.

Pemandangan Pantai Teluk Asmara dari ketinggian ini menjadi spot favorit pengunjung. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati keindahan Pantai Teluk Asmara di beberapa gazebo yang telah disediakan.

5. Pantai Tiga Warna

Sesuai namanya, pantai ini memiliki air laut dengan gradasi tiga warna, yaitu biru, hijau, dan cokelat kemerahan. Tentunya, gradasi warna tersebut menciptakan pemandangan luar biasa bagi pengunjung.

Konon, gradasi tiga warna tersebut berasal dari pembiasan cahaya matahari dan plankton di Pantai Tiga Warna. Pantai ini merupakan kawasan rehabilitasi dan konservasi mangrove, terumbu karang, dan hutan lindung.

Pengunjung juga bisa bermain snorkeling di Pantai Tiga Warna karena ombaknya cenderung tenang. Pantai ini berlokasi di Jalan Sendang Biru, Sumbermanjing, Malang.

6. Mata Air Sumber Sirah

Bagi pencinta wisata air tawar, kamu bisa berkunjung di Mata Air Sumber Sirah. Lokasinya berada di Putuk Utara, Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi, Malang.

Mengutip , Kamis (24/11/2020), Mata Air Sumber Sirah merupakan sumber mata air yang sangat jernih. Saking jernihnya, pengunjung bisa melihat ekosistem di dalam mata air, seperti ikan, tumbuhan, pasir, dan bebatuan.

Pengunjung bisa melakukan snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah air tersebut. Namun, pengunjung harus berhati-hati.

Sumber mata air ini memiliki kontur kedalaman yang berbeda mulai dari 0,8 hingga 1,5 meter sehingga disarankan tidak melompat saat memasuki air.

Mata Air Sumber Sirah dikelilingi oleh pohon-pohon rindang sehingga membuat suasana begitu nyaman, damai, dan sejuk.

7. Bukit Nirwana

Lokasi Malang yang berada di dataran tinggi membuat kota ini memiliki sejumlah tempat wisata di perbukitan. Salah satunya adalah Bukit Nirwana.

Bukit Nirwana menghadirkan pengalaman wisata di atas bukit. Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang begitu indah dengan dikelilingi oleh sepuluh gunung.

Untuk mendapatkan panorama sunset dan sunrise, jangan ragu bermalam di Bukit Nirwana. Wisatawan dapat berkemah di Nirwana Camp menggunakan tenda sembari menyakalan api unggun.

Bukit Nirwana terletak di Tulungrejo, Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Malang. Dari pusat Kota Batu dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dengan kendaraan roda dua atau empat.

8. Bukit Teletubbies Batu

Wisata lainnya dalam bentuk perbukitan adalah Bukit Teletubbies Batu. Namanya serupa dengan Bukit Teletubbies di Kawasan Gunung Bromo. Pemandangannya pun tak kalah menarik dengan Bukit Teletubbies di Kawasan Gunung Bromo.

Mengutip , Selasa (19/11/2020), Bukit Teletubbies Batu berupa hamparan perbukitan yang tertutup rumput berwarna hijau. Bukit ini dilengkapi dengan pemandangan indah Pegunungan Arjuno.

Tempat ini cocok untuk sekadar duduk santai melepas penat sambil piknik menggelar tikar dan bekal dari rumah. Pemandangan terbaik adalah pagi hari ketika matahari terbit, sore hari jelang matahari terbenam, maupun malam dengan panorama bintang di langit

Pengunjung tidak akan dipungut biaya apa pun alias gratis, namun wajib menjaga kebersihan lingkungan. Bukit Teletubbies Batu terletak di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

9. Teluk Bidadari

Teluk Bidadari merupakan ceruk yang berisi genangan air laut berwarna biru kehijauan. Ceruk tersebut dikelilingi karang-karang besar yang eksotis.

Sekilas, Teluk Bidadari tampak seperti kolam renang yang terbuat dari bebatuan alam sehingga sangat memesona. Pengunjung bisa berenang, snorkeling, maupun sekadar berfoto di sekitar Teluk Bidadari.

Teluk Bidadari ini berada dalam kawasan dengan Pantai Mbehi. Obyek wisata ini cocok dikunjungi wisatawan yang memiliki jiwa petualang karena jalan menuju teluk cukup terjal. Lokasinya berada di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

10. Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari terletak di Lereng Gunung Arjuno, Kabupaten Malang. Lokasinya sekitar 8 kilometer dari pintu keluar Tol Lawang, dan sekitar 26 km dari pusat Kota Malang.

Mengutip , Sabtu (26/10/2021), kebun teh ini memiliki luas 528 hektar yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII.

Wisatawan yang datang dapat menikmati pemandangan hijau daun teh yang terhampar luas dengan udara segar. Selain itu, terdapat sarana rekreasi, seperti kolam renang, wahana outbound, jalur sepeda, dan motor trail.

Pengunjung juga dapat belajar lebih dalam mengenai teh dengan mengikuti tur kebun dan pabrik. Nantinya, mereka akan diperkenalkan dengan cara mengelola teh dari daun segar menjadi siap saji, sekaligus mengenal beberapa jenis teh di Indonesia.

Tak hanya itu, wisatawan juga bisa bermalam di area kebun teh itu. Ada 24 cottage yang tersedia bagi wisatawan yang ingin menginap di area perkebunan teh.