Travel  

Serunya Bulan November 2022 Dengan Even Budaya Yang Menarik!

radarutama.com – Bulan November 2022 adalah bulan yang ditunggu-tunggu banyak penggiat budaya. Bagaimana tidak, bulan ini akan disambut dengan beberapa peringatan menarik misalnya Hari Pahlawan, Hari Guru PGRI dan sebagainya. Di sini semarak even budaya akan digelar ssangat meriah selama bulan November. Even-even ini akan tersebar di seluruh nusantara dengan jadwal yang berbeda beda. Nah, apa saja sih list even yang bakal memeriahkan bulan November?

Festival Danau Tondano

Festival budaya bulan November pertama kali digelar didaerah Danau Tondano Minahasa, Sulawesi Utara. Bagi masyarakat Minahasa festival ini sangat populer sejak tahun 1970 an. Festival yang diadakan setiap setahun sekali ini bertujuan untuk mempromosikan keindahan wisata danau Tondano sehingga tetap mengembangkan perekonomian Kabupaten Minahasa.

Beragam acara seperti lomba senam, festival musik tradisional, kuliner, hingga budaya lainnya asli Minahasa. Acara Festival Danau Tondano akan digelar mulai dari tanggal 3 hingga 5 November 2022. Lokasi pergelaran disekitar pesisir danau Tondano.

Wakatobi Wonderful Festival And Expo

Beralih ke daerah Sulawesi Tenggara dimana kepulauan Wakatobi bulan November akan menggelar acara Wakatobi Wonderful Festval and Expo. Tahun 2022 ini festival Wakatobi bertujuan mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif kawasan Wakatobi. Banyak aktraksi budaya hingga kuliner dan pameran produk asli Wakatobi akan digelar pada tanggal 3 hingga 7 November 2022.

Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Wakatobi ya sembari menikmati pagelaran seni dan budaya seperti Tradisi Bangka Mbule-Mbule, Prosesi Adat Kansoda’a hingga Pesta Adat Posepaa.

Festival Kerinci

November 2022 tidak ada salahnya jalan-jalan ke Danau Kerinci Jambi. Kebetulan bulan tersebut digelarnya acara Festival Kerinci dan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke 64 Kabupaten Kerinci. Festival Kerinci ini akan menampilkan kesenian budaya asli daerah Kerinci, perlombaan tarian masal, kesenian lagu daerah hingga pergelaran kuliner khas Jambi.

Selain itu kamu dapat menikmati acara pameran videografi, fotografi, fashion show, dan Kerinci Expo. Acara yang bertema Harmoni Alam dan Budaya ini menyuguhkan perpaduan alam Jambi dan Budaya Kerinci yang akan digelar pada tanggal 6 hingga 9 November 2022 di area Danau Kerinci, Jambi.

Spice Island Festival

Bagi penggemar kuliner rasanya menyesal ketika tidak merasakan festival kuliner yang digelar di Maluku November mendatang. Spice Islan Festival Maluku senagaj membuat konsep ragam kuliner khas Maluku sebagai kenangan jejak rempah-rempah yang dahulunya sempat diperebutkan bangsa Eropa. Festival ini bertujuan untuk membangkitkan pariwisata alam, budaya, dan kuliner asli Maluku sehingga mampu mendorong pertumbuhan perokonomian daerah Maluku.

Kegiatan seru didalam Spice Island Festival akan menyuguhkan pertunjukan seni musik, lomba olahan buah pala, pameran makanan hingga kreasi seni lainnya. Festival ini akan digelar pada tanggal 14 hingga 15 November 2022.

Festival Pesona Minangkabau

Tanah Minang ternyata tak luput dari acara festival budaya nusantara. Pesona alam Minangkabau membuat banyak traveler selalu meliriknya. Apalagi makanan khas yang saat ini telah mendunia yaitu rendang. Di acara November mendatang, Sumatera Barat akan menggelar acara Festival Pesona Minangkabau yang dimeriahkan pada tanggal 17 hingga 20 November 2022.

Acara ini akan menyuguhkan berbagai tarian khas Minang, pencak silat, fashion show pakaian adat Minang, atraksi tenun, songket dan budaya lainnya. Tempat acara diselenggarakan di Istano Basa Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat.

Pemuteran Bay Festival

Bagi kamu yang memiliki rencana jalan jalan ke Bali bulan depan, tepat sekali. Pagelaran seni budaya akan di gelar di tanah Dewata dengan nama Pemuteran Bay Festival. Deretan acara seni musik dan budaya hingga perlombaan memancing ikan secara tradisional, bazar makan, festival yoga, hingga arttrash workshop membuatmu penuh takjub.

Acara Pemuteran Bay Festival ini digelar pada tanggal 11 hingga 13 November 2022 berlokasi di Buleleng Bali Utara. Nah, buruan segera cari tiket sesuai dengan jadwal even-even diatas. Jangan lupa ajak keluarga, sahabat dan kerabat sekalian ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *