radarutama.com – Berikut efek buruk begadang bagi wajah yang harus Anda tahu. Simak ulasannya berikut ini dirangkum dari SehatQ.

1. Penuaan dini

Seseorang yang begadang hingga mengalami gangguan insomnia rentan akan penuaan dini. Pada saat tidur, tubuh memproduksi kolagen yang mampu mencegah tubuh dari penuaan dini hingga munculnya kerutan pada wajah. Selain itu, kulit juga akan memperbaiki fungsinya seperti menghidrasi seluruh bagian tubuh, terutama area kulit.

2. Munculnya jerawat

Efek begadang juga dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah. Munculnya jerawat ini dikarenakan kelelahan yang diakibatkan begadang dan stres. Kurang tidur ini juga dapat mengakibatkan jumlah hormon kortisol dalam tubuh meningkat.

Hormon kortisol ini dapat menyebabkan tubuh rentan terhadap peradangan yang tidak dapat melawan sistem kekebalan tubuh.

Orang yang mengalami insomnia, matanya akan tampak menghitam dan munculnya kantung mata. Apabila Anda tidak cukup tidur, maka juga terlihat pembuluh darah di bawah mata. Pembuluh darah akan melebar dan menghitam.

4. Kulit kusam

Kulit kusam ini disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang menurun dan mampu menyebabkan terjadinya peradangan. Peradangan dapat mempengaruhi produksi kolagen yang bertugas menjaga kulit tetap lebih cerah.

5. Kulit kering

Efek begadang juga dapat membuat kulit menjadi kering. Tubuh Anda akan menghidrasi seluruh organ baik dalam dan luar sehingga kulit akan tetap lembap. Namun hal ini berbeda apabila Anda begadang.

Demikian ulasan singkat seputar 5 efek begadang bagi wajah yang wajib untuk diwaspadai. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan untuk Anda!

Sumber:

https://hellosehat.com/pola-tidur/insomnia/akibat-kurang-tidur-bagi-wajah/

https://www.sehatq.com/artikel/berbagai-efek-begadang-bagi-wajah-mulai-dari-kerutan-hingga-kantong-mata