5 Hidangan Khas Kota Solo yang Wajib Dicoba

radarutama.com – Solo merupakan sebuah kota di Jawa Tengah yang masih sangat kental dengan budaya Jawanya. Di kota kecil ini, kita juga bisa menemukan berbagai bangunan peninggalan sejarah, salah satunya adalah Keraton Surakarta Hadiningrat yang megah.

Solo juga dikenal sebagai surga bagi pecinta kuliner, karena hadir banyak restoran yang menyediakan hidangan lokal yang nikmat.

Berikut ini adalah daftar hidangan yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke kota Solo.

1. Timlo

Hidangan khas Solo yang pertama adalah Timlo, semangkuk sup gurih yang kaya akan protein. Semangkuk sup Timlo biasanya terdiri dari kuah bening berisi ayam suwir, telur pindang, jamur rebus, aneka sayuran, jeroan ayam, sosis, dan telur gulung isi daging sapi giling. Sup ini kemudian diberi taburan bawang merah goreng renyah agar lebih nikmat.

Rekomendasi resto terbaik: Timlo Sastro

Alamat: Jl. Abdul Muis No.32A, Kepatihan Kulon, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139

Jl. Wahidin No.30, Purwosari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57148

2. Cabuk Rambak

Cabuk Rambak adalah masakan tradisional Solo yang hanya ditemukan di kota Solo. Hidangan ini biasanya dinikmati sebagai camilan karena porsinya yang kecil. Sepiring Cabuk Rambak terdiri dari ketupat yang disiram kuah cokelat pucat, dan ditabur wijen sangrai dan kelapa parut, lalu dihidangkan dengan kerupuk agar lebih nikmat.

Rekomendasi resto terbaik: Nasi Liwet & Cabuk Rambak Bu Parmi

Alamat: Jl. Yos Sudarso No.241, Kratonan, Gajahan, Kec. hal. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57151

3. Nasi Liwet

Nasi Liwet merupakan salah satu hidangan khas kota Solo. Banyak daerah yang mengeluarkan versi nasi liwet mereka sendiri, namun dari Solo masih yang terbaik.

Nasi liwet dibuat dari nasi yang dimasak dengan santan, kaldu ayam, daun salam, dan serai. Kemudian, nasi liwet ini dihidangkan dengan lauk pauknya yang biasa terdiri dari telur dadar, telur pindang (telur rebus yang dimasak dengan kecap manis), ayam suwir yang dimasak dengan santan, rebusan labu pedas, dan areh (saus kelapa kental).

Rekomendasi resto terbaik: Nasi Liwet Bu Wongso Lemu

Alamat: Jl. Teuku Umar, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131

4. Selat Solo

Selat Solo dikenal sebagai hidangan “steak” paling populer khas kota Solo. Daging sapinya dimasak dengan direbus dalam kaldu yang terdiri dari bawang putih, cuka, kecap manis, dan saus Worcestershire, kemudian dibumbui dengan garam dan merica.

Hidangan ini juga dinikmati dengan kentang, dan berbagai sayuran, yang biasanya adalah wortel, dan kacang panjang sebagai side dish.

Rekomendasi resto terbaik: Selat Solo Mbak Lies

Alamat: Jl. Yudhistira No.9, Serengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57155

5. Serabi Solo

Snack nikmat yang bernama Serabi Solo ini seperti pancake, namun terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan. Serabi Solo biasanya diberi berbagai topping seperti pisang, taburan cokelat, keju, atau bahkan nangka agar semakin nikmat!

Rekomendasi resto terbaik: Serabi Notosuman Ny. Lidia

Alamat: Jl. Moh. Yamin No.28, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57152

Itulah 5 hidangan khas Kota Solo yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Solo, Bela. Mana dulu yang ingin dicoba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *