radarutama.com – Kolagen kini makin dikenal masyarakat karena mulai bermunculan produk konsumsi untuk merawat kesehatan kulit berbahan dasar kolagen.

Mulai dari bentuk permen yang bisa dikunyah hingga minuman, ada banyak bentuk produk yang menawarkan manfaat kolagen bagi kesehatan kulit.

Meski demikian rupanya beberapa hal perlu diperhatikan sebelum anda memutuskan untuk rutin menjajal kolagen agar bisa efektif memberikan efek positif ketika dikonsumsi.

Salah satu UMKM yang memproduksi kolagen menjadi produk minuman Roove, melalui siaran persnya, membagikan lima hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi kolagen.

Pastikan kandungan di dalamnya, untuk hindari alergi

Minuman kolagen merupakan protein hewani yang biasanya bersumber dari hewan, kolagen yang biasanya dimasukkan dalam kandungan makanan dan minuman berasal dari jaringan ikat sapi atau kulit ikan.

Jika anda memiliki alergi pada kandungan hasil laut, ada baiknya anda memilih kolagen yang berasal dari sapi.

Selain kandungan alergen, hal yang perlu diperhatikan adalah bahan tambahan yang terkandung dalam produk kolagen.

Bagi yang memiliki asam lambung, pastikan produk kolagen yang anda konsumsi tidak mengandung bahan tambahan yang bersifat asam agar tidak memicu penyakit.

Pastikan produk sudah memenuhi standar BPOM

Sebelum mengonsumsi kolagen, ada baiknya anda memastikan produk yang akan dikonsumsi itu memenuhi standar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Selain memastikan produk anda memiliki standar mutu yang teruji, dengan memastikan BPOM maka anda bisa lebih mudah mengecek khasiat yang diterima tubuh ketika mengonsumsi kolagen karena anda bisa mengetahui jumlah kolagen yang dikonsumsi di tabel fakta nutrisi.

Hindari konsumsi kafein berlebih

Bagi anda yang gemar mengonsumsi kopi atau pun teh namun sedang mengonsumsi kolagen, ada baiknya mengurangi konsumsi kedua minuman tersebut karena mengandung kafein.

Kafein memperlambat penyerapan nutrisi bagi tubuh apalagi mengingat kolagen pada dasarnya berupa protein.

Lebih lanjut selain mengurangi konsumsi kafein, rutin merokok maupun meminum minuman beralkohol juga mengurangi efektivitas penyerapan kolagen.

Konsumsi sesuai aturan

Minuman kolagen harus dikonsumsi sesuai dengan panduan yang direkomendasikan untuk melihat manfaatnya.

Meski dapat menunjukkan hasil yang berbeda-beda, anda bisa lebih maksimal mendapatkan manfaat untuk tubuh saat mengonsumsi minuman kolagen.

Jika anda mengonsumsi berlebihan pun maka bisa jadi justru produk kolagen menjadi tidak efektif diserap oleh tubuh dan akhirnya terbuang sia-sia.

Tidak disarankan diseduh air panas

Untuk menjaga manfaat kandungan kolagen, hindari menyeduh dengan air mendidih.

Sebaiknya gunakan air dingin atau air dengan temperatur normal untuk menyeduh minuman kolagen dengan demikian nutrisinya bisa terjaga.

Roove bisa menjadi salah satu pilihan minuman kolagen untuk dikonsumsi secara rutin dengan penggunaan yang tepat.

Selain mudah dibuat, produk ini juga bisa dikirim ke seluruh wilayah di Tanah Air sehingga mudah didapatkan.

“Kami melakukan pengiriman COD hingga ke wilayah Timur Indonesia sehingga memutuskan bermitra dengan Ninja Xpress. Layanan COD Ninja Xpress menurut kami bagus karena lebih cepat dan tepat waktu dibandingkan dengan mitra logistik yang telah kami gunakan sebelumnya karena cepat dan tepat waktu,” kata Digital Marketing Manager Roove Ika Maharani Ratri.