radarutama.com – Selain faktor lifestyle, kehidupan yang makin modern juga ikut mempengaruhi kondisi kulit bisa makin buruk. Misalnya, penggunaan gawai terlalu lama, konsumsi tinggi gula, hingga jarang aktivitas fisik.

Dokter estetika dr. Olivia Ong menyampaikan kalau dirinya sering kedapatan pasien dengan permasalahan kulit lebih dari satu, bahkan pada mereka yang baru berusia remaja.

“Kalau dulu anak remaja jerawatan yan jerawat aja. Kalau sekarang anak remaja alami sensitif lah, terus komedo, ada flek di kulitnya, sudah agak kusam, kering karena AC. Jadi sudah banyak,” ungkap dokter Olivia ditemui di Jakarta, Kamis (8/9/2022).

Menurutnya, hal itu terjadi karena remaja sering berganti-ganti produk skincare. Sehingga, masalah kulit belum benar-benar teratasi, mereka sudah beralih ke produk lain . Selain itu, cara merawat kulit juga terkadang terlalu kasar, terutama saat mencuci wajah.

“Intisarinya, stop perlakukan kulit secara kasar, back to neutral aja. Pelan-pelan dipelajari,” pesannya.

Ia mengungkapkan, kebanyakan orang Indonesia mengalami masalah kulit berupa pori-pori besar, komedo, dan warna kulit tidak rata. Menurut dokter Olivia, penggunaan skincare pada dasarnya paling utama yakni, sabun cuci muka, toner, serum, dan sunscreen.

Khusus untuk sabun cuci muka, ia mengingatkan, pentingnya memilih facial wash sesuai kebutuhan agar kotoran terangkat menyeluruh sehingga tidak menjadi sumbatan.

“Kalau pakai foundation mau nggak mau kita triple cleanser. Kita harus pintar pilih cleanser. Kalau cuma sunscreen aja sama bedak bubuk pakai double cleanser, micellar water dan facial cleanser. Tapi pagi-pagi pakai facial cleanser aja cukup,” paparnya.

Setelah itu, kulit wajah juga harus dipakaikan toner untuk kembali menetralkan pH kulit. Tahapan itu penting karena kadar pH pada Air terlalu tinggi atau bersifat basa. Efeknya dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan kekeringan pada kulit.

“Habis (pakai toner) itu basic pore treatment, karena orang kita banyak sumbatan, beneran, deh. Sama sunscreen, itu penting, wajib,” pesannya.

Pemilik brand skincare Ayom itu menambahkan bahwa dalam memilih produk perawatan kulir harus mengenal dulu masalah yang dialami. Menurutnya, permasalahan kulit yang paling banyak dialami orang Indonesia biasanya berupa pori-pori besar, jerawat dan komedo, serta warna kulit kurang merata.

“Back to basic dulu dengan membersihkan kotoran, bersihkan dengan tepat lalu kasih sunscreen tiap hari,” kata dokter Olivia.