radarutama.com – ElDorado National atau ENC , anak perusahaan dari REV Group yang beroperasi di bidang transit bus dan teknologi bebas emisi meluncurkan generasi terbaru dari busnya, yakni Axess Battery electric Bus (EVO-BE) dan Axxes Hydrogen Fuel Cell (EVO-FC).

Untuk model Axess EVO-BE, sudah bisa dipesan dan dikirim pada 2023. Sedangkan versi hidrogen atau Axess EVO-FC masih dalam pengembangan.

Jason Moore, Vice President dan General Manager ENC mengatakan, Axess EVO-BE dan EVO-FC merupakan wujud ENC dalam merevolusi industri bus dengan mengembangkan kendaraan bebas emisi.

“Kami mengimplementasikan terobosan terbaru dan teknologi emisi paling rendah dan bekerja sama dengan supplier terbaik,” ucapnya dikutip dari laman , Jumat (9/9/2022).

Axxes EVO-BE akan memakai baterai besar, yakni 738 kWh dan disuplai oleh Proterra Powered. Selain itu untuk Axess EVO-FC dirancang agar punya daya jelajah sampai 400 mil atau 643,7 Km.


Memang itu target yang cukup besar untuk bus bertenaga hidrogen. Tapi ENC punya sejarah jadi pabrikan bus pertama yang menyelesaikan tes FTA Altoona sejauh 500.000 mil pada tahun 2018, tidak diragukan lagi.

Selain itu, keunikan dari Axess EVO-BE dan EVO-FC adalah punya platform yang 90 persen sama, mulai dari sistem propulsi, sampai teknologinya. Sehingga mempermudah operator, pelatihan karyawan, sampai perawatannya.